Guru Pembatik

Cara Meningkatkan Keprofesian dan Kompetensi Guru

Meningkatkan kemampuan atau kompetensi merupakan suatu keharusan dan bahkan hak guru. Peran guru sangat krusial dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Kesepakatan dunia dalam Incheon Declaration on Education 2030 (UNESCO, 2015) menyebutkan bahwa guru yang kompeten akan mendukung pembangunan berkelanjutan tahun 2030.

Peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya dengan meningkatkan sarana prasarananya, melainkan juga dengan menetapkan kualifikasi guru sebagai tenaga pengajar.

Pasal 8 Undang Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

ensure that teachers and educators are empowered, adequately recruited, well-trained, professionally qualified, motivated and supported within well-resourced, efficient and effectively governed systems” (Incheon Declaration on Education 2030 (UNESCO, 2015))

Penggunaan TIK untuk pendidikan memerlukan kebijakan yang sesuai dengan rasional ekonomi, sosial, edukasi, dan katalitik. Kompetensi TIK yang terintegrasi kurikulum untuk mewujudkan masyarakat berbasis pengetahuan harus mengacu pada empat rasional tersebut.

4 Kerangkat Kompetensi Guru dengan TIK

Berikut ini kerangka kompetensi TIK yang harus semua SDM pendidikan kuasai dengan mengacu pada empat rasional:

Kerangka Kompetensi TIK yang Terintegrasi dengan Kurikulum

Kompetensi erat kaitannya dengan standar dan kinerja. Pemanfaatkan TIK yang harus guru miliki harus mempunyai standar dan kerangka acuan, serta berjenjang. Kompetensi TIK guru dalam konteks reformasi pendidikan akan mempengaruhi keyakinan, mode pembelajaran, serta meningkatkan efektivitas belajar mengajar. Kompetensi TIK pada guru tidak berdiri sebagai kompetensi terpisah, melainkan integratif dengan kompetensi lainnya.

Dengan perkembangan teknologi, TIK kini tidak hanya menjadi substansi materi yang harus siswa pelajari. Fungsinya menjadi lebih luas termasuk sebagai sarana dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme tenaga pendidik.

Dengan menggunakan TIK, proses komunikasi serta peluang membuka jaringan komunitas pendidik dan lingkungan akan lebih mudah dan efektif.

Ayo pelajari lebih lanjut mengapa TIK diperlukan dalam upaya peningkatan kompetensi dan keprofesian guru abad 21? Silakan cari sumber-sumber informasi yang relevan dengan kebutuhan Sahabat ya.

Selamat belajar!

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *