Ekonomi

3 Masalah Ekonomi Moderen : Apa, Bagaimana, Siapa

Hai semua sebelumnya kamu sudah mengetahui tentang Kelangkaan dan Masalah Inti Ekonomi. Artikel kali ini akan menjelaskan pelajaran ekonomi kelas X mengenai masalah pokok apa saja dalam ekonomi moderen. Ayo simak lebih jauh.

Masalah inti ekonomi moderen berupa kelangkaan kemudian melahirkan masalah lain. Khususnya dalam lingkup suatu negara. Yaitu bagaimana mengelola sumber daya yang dimiliki yang jumlahnya terbatas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas dari seluruh penduduk suatu negara.

Oleh karena itu, masalah pokok ekonomi moderen dirumuskan menjadi lebih spesifik. Yaitu: Barang apa yang akan diproduksi, bagaimana barang tersebut diproduksi, untuk siapa barang tersebut diproduksi.

Barang apa yang harus diproduksi (What)

Dengan sumber daya yang tersedia terbatas, dan penggunaannya bersifat alternatif, serta tingkat kebutuhan dan keinginan dari suatu masyarakat yang tidak terbatas dan sangat bervariasi. Pertanyaan “barang apa yang harus diproduksi”, menjadi salah satu masalah ekonomi moderen.

Bagaimana barang tersebut diproduksi (How)

Barang diproduksi dengan menggunakan faktor-faktor produksi yang ada. Bagaimana cara yang paling efektif dan efisien untuk menghasilkan barang produksi dengan faktor-faktor produksi yang tersedia.

Metode dan teknologi apa yang dapat digunakan dalam kegiatan produksi barang tersebut agar kegiatan produksi tersebut dapat dilakukan seefisien mungkin.

Untuk siapa barang tersebut diproduksi (for Whom)

Kepada siapa barang hasil kegiatan produksi tersebut akan disalurkan sehingga keuntungan maksimal dapat diperoleh, hal ini berkaitan dengan segmentasi pasar.

Dari sudut pandang suatu negara, pertanyaannya dapat menjadi: kepada siapa hasil-hasil kegiatan produksi itu akan disalurkan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Simpulan:

Kelangkaan merupakan permasalahan dasar ekonomi. Kelangkaan ini kemudian melahirkan masalah-masalah lainnya. Berikutnya adalah: barang apa yang akan diproduksi, bagaimana barang tersebut diproduksi, untuk siapa barang tersebut diproduksi.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *